THIS IS MY SANCTUARY

ORIGAMI, Cara Unik Berkreasi Dengan Kertas

Kalian pernah membuat pesawat atau perahun dari kertas? atau cincin dari uang? nah semua bentuk yg kalian buat itu disebut ORIGAMI. Kata origami berasal dari bahasa jepang yaitu "ori" yang berarti lipat, dan "kami" yang berarti kertas. Origami dapat diartikan sebagai sebuah seni melipat kertas atau membuat sebuah kreasi dengan cara melipat kertas. Umumnya kita biasa membuat origami dari kertas yang ada disekitar kita, namun di negara asalnya yaitu di jepang orang - orang menggunakan kertas khusus untuk origami. perbedaannya hanya dari segi desain kertas dan warnanya saja.

Origami diyakini bermula saat seorang dari Tiongkok bernama Ts’ai Lun mulai memperkenalkan cara pembuatan kertas pada tahun 105M. Dijepang sendiri, cara pembuatan kertas baru masuk pada tahun 610M yang diperkenalkan oleh seorang biksu budha dari korea. Sejak saat itu lah origami mulai terkenal dan menjadi budaya turun temurun disana. Saat ini, origami masih terus berkembang dari segi tekhnik melipatnya maupun bentuknya yang semakin beragam.

Apakah ada manfaatnya jika kita mempelajari origami? tentu saja ada. Manfaat yang kita dapat jika mempelajari origami diantaranya adalah :
  1. Mengembangkan pola pikir yang logis. Kenapa begitu? karena dengan membuat origami secara tidak langsung kita akan berpikir bagaimana membentuk selembar kertas menjadi bentuk yang kita inginkan
  2. Meningkatkan akurasi. Saat sedang membuat sebuah bentuk origami kita harus membagi kertas menjadi beberapa bagian, hal ini membuat kita belajar tentang keakuratan dalam membagi kertas tersebut.
  3. Belajar mengikuti instruksi. Saat kita membuat sebuah origami kita harus mengikuti semua instruksi secara bertahap jika salah satu instruksi terlewati, maka kita akan gagal membentuknya karena itu kita harus mengikuti semua instruksi secara bertahap. 
Baiklah, sekian postingan kali ini. Mungkin dikesempatan berikutnya saya akan memberikan beberapa tutorial membuat bentuk origami sederhana, semoga bermanfaat.
Tag : Artikel Lain
0 Komentar untuk "ORIGAMI, Cara Unik Berkreasi Dengan Kertas"

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top