THIS IS MY SANCTUARY

TIPS MEMILIH DVD BLANK YANG BAGUS

Di era modern saat ini, orang - orang lebih memilih sesuatu yang simple dan praktis, contohnya dalam memilih media penyimpanan eksternal. Kita pasti lebih memilih flashdisk sebagai media penyimpanan eksternal karena sistem plug and playnya, namun pada saat kita ingin membackup file atau data penting yang kita miliki, apakah kita akan menggunakan flashdisk? mungkin ada yang setuju, tapi semakin sering kita menggunakan flashdisk tersebut terdapat kemungkinan bahwa file dalam flashdisk tersebut terkena virus / terhapus secara tidak sengaja, oleh karena itu, jika kita ingin membackup file / data yang kita miliki lebih baik kita menggunakan DVD sebagai media penyimpanan karena kapasitasnya yang lebih besar dibanding CD.

Namun, saat kita ingin membeli DVD kita mungkin bertanya - tanya " Merk apa yang paling bagus? ", " Merk apa yang awet? ", "Merk apa yang tidak gampang rusak? ". Nah buat kalian yang bingung, nih sedikit tips dari saya untuk memilih DVD yang sesuai kebutuhan kita :

1. Beli sesuai data yang ingin disimpan
Saat kita ingin membeli sebuah DVD kosong, selalu ingat data apa yang ingin kita masukkan kedalam DVD tesebut. Jika termasuk data penting belilah DVD yang memiliki nama alias branded. Jika termasuk program atau aplikasi, belilah yang harganya tidak begitu mahal namun tetap terjamin kualitasnya. Jika termasuk data yang tidak penting cukup beli yang murah saja tanpa harus melihat merk. Jika datanya sering berubah - ubah belilah DVD-RW.

2. Jangan beranggapan " Harga mahal sebanding dengan kualitasnya "
Zaman sekarang, banyak sekali produk tiruan dengan merk sama dengan yang asli tapi dengan harga yang miring. Maka dari itu, jangan beranggapan " Harga mahal sebanding dengan kualitasnya " karena bisa saja sang penjual membeli produk tiruan tapi dijual dengan sama dengan yang asli.

3. Tes terlebih dahulu
Saat kita sudah menentukan data / file apa yang akan kita simpan, cobalah membeli satu buah DVD yang menurut anda sesuai dengan data anda lalu burning. Setelah proses burning selesai, cek apakah data / file yang anda burning tersimpan dengan baik. Jika sudah tersimpan dengan baik maka belilah DVD dengan merk tersebut sesuai kebutuhan anda, jika sebaliknya, coba datang ketempat anda membeli DVD tersebut dan tanyakan apakah bisa ditukar atau tidak, jika tidak maka cobalah beli dengan merk lain.

Berikut ini adalah beberapa merk DVD yang terkenal dengan kualitasnya dan sering saya gunakan untuk membackup file / data saya :
1. Verbatim, Merk yang selalu saya gunakan untuk membackup data penting karena kualitasnya tidak diragukan lagi.

2. Sony, saya pernah membeli DVD-RW bermerk sony, memang harganya cukup mahal tapi berulang kali saya ubah isi dari DVD tersebut, sampai saat ini DVD tersebut masih bekerja dengan normal.



3. Maxell, DVD dengan harga terjangkau tapi bukan barang murahan, saya menggunakan merk ini jika ingin membackup game, program, ataupun film yang saya miliki.

4. Ritek, beberapa kali saya pernah mencoba merk ini dan tidak ada satu pun yang mengalami gagal burning / tidak terbaca.

Sedikit tips jika anda ingin mendapatkan hasil burning yang sempurna, pada saat anda ingin memulai proses burning atur speed pada 4x atau 8x agar hasil yang anda burning maksimal.
2 Komentar untuk "TIPS MEMILIH DVD BLANK YANG BAGUS"

Artikel yang bermanfaat. Mau tanya, tempat yang jual DVD RW itu dimana ya? Terutama yang buat bootable windows. Terima kasih.

Allhamdulillah tercerahkan juga...
Mau tanya kalo cd yang bag ke2sisi polos ,itu gimana ya bermerk/secara kualitas bagaimana...

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top