THIS IS MY SANCTUARY

WISATA RELIGI DI MAKAM SUNAN KUDUS DAN SUNAN MURIA

Lagi liburan? bosen ke tempat rekreasi? mau cari suasana baru? coba deh kalian pergi ke tempat makam walisongo seperti yang saya lakukan pada libur lebaran kemarin. Kali ini saya berkesempatan berziarah ke makam sunan kudus dan sunan muria yang terletak di daerah kudus, Jawa Tengah. oh iya sebelumnya gambar yg akan saya share di postingan ini bukan hasil foto saya karena foto - foto yang saya ambil belum sempat saya pindahkan dari kamera saudara saya hehe.
  
Nah tempat pertama yang saya datangi adalah makam sunan kudus karena letaknya tidak jauh dari rumah om saya. Perjalanan menuju ke lokasi makam sunan kudus kurang lebih 30 menit dari rumah om saya. Karena om saya penduduk asli daerah itu, beliau mengajak saya masuk lewat pintu belakang karena jika lewat pintu depan pasti ramai dipenuhi para peziarah. Setibanya dilokasi pintu masuk kawasan makam sunan kudus kita akan melihat sebuah gapura, menurut cerita dari ibu dan om saya jika kita melewati dan berhasil menyentuh langit - langit gapura tersebut maka apa yang kita harapkan akan terkabul.

( Gapura menuju lokasi makam sunan kudus )

Setelah masuk, kita akan menjumpai sebuah bangunan yang didalamnya terdapat makam sunan kudus. Karena waktu itu saya datang saat musim libur lebaran maka disana sangat padat oleh para peziarah. Didalam ruangan yang ditutupi kain putih itu terdapat makam sunan kudus.

( Makam sunan kudus terdapat didalam ruangan yang ditutupi kain putih )

Akhirnya setelah menyempatkan diri untuk berdoa disana, saya beserta rombongan memutuskan untuk pergi ke tempat selanjutnya. Namun sebelum meninggalkan kompleks makam sunan kudus, kita dapat melihat sebuah kolam mata air. Saya sempat mencoba minum air dikolam tersebut dan mengambil wudhu. Airnya terasa dingin dan menyegarkan.

( Kolam mata air di lokasi makam sunan kudus )

Oh iya disekitar makam sunan kudus ini juga terdapat ikon dari kota kudus yaitu menara kudus. Sayang sekali pada saat saya berada disana menara tersebut sedang dalam proses perbaikan.

( Menara kudus yang sedang di renovasi )

Lokasi kedua yang saya kunjungi adalah makam sunan muria yang terletak di desa colo kecamatan dawe kota kudus. Perjalanan dari makam sunan kudus ke makam sunan muria seingat saya sekitar 1 jam lebih. Selama perjalanan menuju lokasi makam sunan muria saya rasa cukup menyenangkan karena memang lokasi makam tersebut berada dipuncak gunung muria.

Setibanya dilokasi menuju makam sunan muria, terdapat 2 rute pilihan menuju lokasi tersebut. Yang pertama rute cepat, yaitu rute yang menggunakan jasa ojek untuk sampai kelokasi, dan yang kedua adalah rute ketahanan. Kenapa saya sebut rute ketahanan? karena jika kita melewati rute ini kita harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mungkin sekitar 1000 lebih. Karena saya baru pertama kali mengunjungi saya diajak melewai rute ketahanan.

( Gerbang masuk untuk menaiki tangga menuju lokasi )

Selama menaiki tangga menuju lokasi makam, saya sempat berhenti beberapa kali karena sudah tidak kuat menaikinya. Namun rasa lelah yang saya rasakan terbayar setibanya di lokasi makam sunan muria. Tanpa membuang waktu saya beserta rombongan langsung masuk menuju makam sunan muria.

( Jalan akses menuju makam sunan muria )

Setelah mengantri cukup lama untuk sampai ke makam sunan muria akhirnya giliran saya beserta rombongan masuk ke lokasi makam. Setelah berdoa disana, kami memutuskan untuk pulang karena hari sudah sore. Sebenarnya disana terdapat lokasi air terjun yang menurut cerita dari orang - orang cukup indah namun sayang saya tidak dapat melihatnya.

Baiklah sekian postingan kali ini, semoga bisa menambah referensi tempat liburan kalian.
Tag : Remedial
0 Komentar untuk "WISATA RELIGI DI MAKAM SUNAN KUDUS DAN SUNAN MURIA"

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top