THIS IS MY SANCTUARY

MEMELIHARA IKAN MAS KOKI

Baru - baru ini saya membeli 3 buah ikan mas koki. Awalnya saya ingin membeli hamster, tapi karena mama takut dengan hewan yang mirip tikus jadi saya pikir untuk memelihara ikan. Saat ditoko ikan saya sempat bingung karena banyak jenis - jenis ikan yang dijual, tapi berhubung aquarium yang saya punya tidak terlalu besar akhirnya saya memilih ikan mas koki berukuran sedang sebagai peliharaan baru saya.
Ikan mas koki sendiri ada beberapa jenis, yang terkenal diantaranya adalah Oranda, Bubble eye, Ranchu, Lionhead, Ryukin, dan mas koki mutiara, Sedangkan jenis mas koki yang saya beli adalah jenis Black Moor. Untuk perawatannya, ikan ini tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus tapi tetap saja kita harus merawat ikan ini dengan baik agar tidak terkena penyakit. Lalu bagaimana cara merawat mas koki agar tetap sehat dan warnya cerah? berikut adalah hal - hal yang harus diperhatikan untuk merawat ikan mas koki :

1. Wadah /  tempat kita memelihara mas koki harus terjaga kebersihannya. Selain dari segi kebersihan, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari wadah itu sendiri. Mas koki adalah ikan yang membutuhkan banyak oksigen, oleh karena itu, jika kita memelihara mas koki di wadah yang bagian atasnya meruncing, mas koki akan kekurangan suplai oksigen dan cepat mati.
2. Berikan filter air / mesin penghasil gelembung ( air pump ) pada wadah. Filter air berguna untuk menyaring kotoran dari mas koki dan menjaga kebersihan air, sedangkan air pump berfungsi untuk membantu menyuplai oksigen bagi mas koki.
3. Kuras air maksimal sebulan sekali agar kebersihan air tetap terjaga. Saya sendiri selalu menguras air 2 hari sekali dengan cara membuang satu gayung dari aquarium dan mengisinya kembali satu gayung sehingga air tetap bersih dan jernih.
4. Saya tidak menyarankan untuk menaruh tanaman di tempat ikan mas koki karena mas koki termasuk ikan yang rakus. Dulu saya pernah meletakkan tanaman hidup di aquarium tempat saya memelihara mas koki, setelah 2 hari tanaman tersebut hilang dan ternyata sudah habis dimakan mas koki peliharaan saya.
5. Beri makan 2x sehari agar mas koki terlihat gesit. Ada yang bilang jika memberi makan 1x sehari maka mas koki akan terlihat agresif tapi saya sendiri tidak setuju karena kasihan mas koki peliharaan kita akan kelaparan jika hanya diberi makan 1x sehari.
6. Pastikan aquarium tempat memelihara mas koki terkena cukup cahaya matahari karena akan menjaga kecerahan warna ikan mas koki.

Nah sekian info yang bisa saya bagi tentang memelihara ikan mas koki, semoga dapat membantu kalian para pecinta mas kok .
1 Komentar untuk "MEMELIHARA IKAN MAS KOKI"

Bang kalau cahaya mataharinya diganti sama lampu neon atau led boleh ga??

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top