THIS IS MY SANCTUARY

Kappa, Makhluk Air yang Dianggap Sebagai Dewa Air

Kali ini saya ingin memposting sedikit pengetahuan tentang sebuah makhluk mitologi yang cukup terkenal di jepang bernama KAPPA. Kappa atau biasa juga disebut Gataro atau Kawako adalah makhluk air legenda dalam mitologi agama Shinto yang dapat ditemukan dalam cerita - cerita rakyat Jepang. Dalam agama Shinto mereka dianggap sebagai salah satu dari Suijin atau dewa air.


Kappa dapat dijumpai di danau, sungai, mata air dan bahkan di saluran irigasi. Ia biasa digambarkan memiliki bentuk seperti seekor ular, naga, belut ataupun kura - kura. Namun yang paling populer, kappa digambarkan bertubuh seperti anak kecil, berwajah kera, memiliki tempurung di punggung, rambut panjang dan kulit bersisik berwarna kuning hijau. Walaupun memiliki ukuran seperti anak kecil, Kappa disebut memiliki kekuatan yang besar. Ia berani menyerang seekor kuda dan mampu menarik mangsanya yang bertubuh lebih besar ke dalam air. Menurut berbagai legenda, Kappa mendapatkan kekuatannya dengan meminum darah dan menyantap isi perut mangsanya.
 
Beberapa catatan mengatakan makhluk ini dapat mengubah warna tubuhnya seperti bunglon. Kappa dikenal memiliki karakter yang nakal dan suka membuat onar. Mereka dianggap bertanggung jawab kepada beberapa peristiwa seperti tenggelamnya orang - orang, menculik anak - anak hingga memperkosa wanita. Meskipun dikenal sebagai makhluk yang jahat, namun banyak juga legenda yang menceritakan mengenai Kappa sebagai makhluk yang baik dan pandai mengobati. Jika ia tertangkap dan diminta berjanji agar tidak mengganggu penduduk lagi, ia pasti akan menepati janjinya.


Pada masa kini, Kappa lebih sering digambarkan sebagai tokoh kartun dengan karakter yang lucu dan menggemaskan. Di Jepang, sampai saat ini masih ada sebuah pepatah populer yang berbunyi "Seekor Kappa tenggelam di sungai" yang berarti "bahkan seorang ahlipun bisa melakukan kesalahan".
Tag : Artikel Lain
0 Komentar untuk "Kappa, Makhluk Air yang Dianggap Sebagai Dewa Air"

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top