THIS IS MY SANCTUARY

Tanabata, Festival Cinta Di Musim Panas


Setelah sebelumnya sudah memposting artikel tentang Hina Matsuri, kali ini saya akan memposting tentang Festival Tanabata. Tanabata adalah sebuah festival di Jepang yang diselenggarakan pada tanggal 7 Juli setiap tahunnya. Tanabata awalnya berasal dari Cina yang diperkenalkan ke Jepang pada saat periode Nara. Festival ini menjadi sebuah perayaan bagi anak-anak dan remaja putri pada saat periode Heian, mereka berharap dengan adanya festival ini keterampilan mereka akan bertambah dalam hal seperti menjahit, merajut, kaligrafi, origami dan kerajinan tangan lainnya. Salah satu lokasi perayaan Festival Tanabata adalah di kota Sendai, Prefektur Miyagi, Jepang.


Tanabata juga dikenal sebagai sebuah festival yang merayakan penyatuan antara dua orang yang sedang jatuh cinta yang sudah lama tidak bertemu. Dalam tradisi Jepang, orang - orang akan menulis keinginan mereka pada sebuah kertas tanzaku ( kertas berwarna - warni ) dan menggantungnya pada pohon bambu. Orang - orang juga akan menghiasi pohon bambu tersebut dengan berbagai macam ornamen dan dekorasi kertas serta menempatkannya diluar rumah mereka.
Keinginan yang ditulis pun bisa bermacam - macam. Tidak harus berhubungan dengan cinta mereka. Banyak yang menulis keinginan tentang kesehatan mereka, pekerjaan yang lebih baik, dan lain - lain. Tidak semua orang di Jepang merayakannya secara bersamaan. Ada yang hari ini, ada pula yang di bulan Agustus, tergantung tradisi daerahnya masing - masing. 

Selain itu, ada pula legenda yang cukup terkenal mengenai acara TANABATA, yaitu sebuah cerita yang mengisahkan bintang Vega yang merupakan bintang tercerah dalam rasi bintang Lyra sebagai Orihime ( Shokujo ), putri raja langit yang sangat pandai menenun. Bintang Altair yang berada di rasi bintang aquila dikisahkan sebagai penggembala sapi bernama Hikoboshi ( Kengyū ). Hikoboshi rajin bekerja sehingga diizinkan Raja Langit untuk menikahi Orihime. Mereka hidup bahagia, tapi Orihime tidak lagi menenun dan Hikoboshi tidak lagi menggembala. Raja Langit sangat marah dan keduanya dipaksa berpisah. Orihime dan Hikoboshi tinggal dipisahkan sungai Amanogawa ( galaksi Bima Sakit ) dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali pada hari ke-7 bulan ke-7.


Kalau kebetulan hujan turun, sungai Amanogawa menjadi meluap dan Orihime tidak bisa menyeberangi sungai untuk bertemu suami. Sekawanan burung Kasasagi terbang menghampiri Hikoboshi dan Orihime yang sedang bersedih dan berbaris membentuk jembatan yang melintasi sungai Amanogawa supaya Hikoboshi dan Orihime bisa menyeberang dan bertemu. Dan melihat dari legenda Jepang kuno ini dipercaya kalau 7 Juli dini hari, bintang Altair, Vega dan galaksi Bima Sakti, adalah bintang-bintang yang paling mudah di lihat dengan jelas. Ohiya sebuah band di jepang bernama Supercell menyanyikan sebuah lagu yang bertemakan kisah ini yang berjudul Kimi No Shiranai Monogatari, nah kalau mau lihat video clipnya bisa dilihat dibawah ini :
Tag : Artikel Lain
1 Komentar untuk "Tanabata, Festival Cinta Di Musim Panas"

klo mau liat tanabata fest yg tgl 7 juli dimana ya?? saya googling tanabata emang puncaknya di sendai tp itu tgl 6 agustus,,

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top