THIS IS MY SANCTUARY

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Nama Kelompok :
1. Kunto Ardiatmo (14113884)
2. M. Bagus Maulana (15113852)
3. M. Sobri Syam (16113148)
4. Olvin Sijabat (16113786)  


Sistem Informasi Geografi (SIG) atau Geographic Information System (GIS) adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain suatu SIG adalah suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja (Barus dan Wiradisastra, 2000). Sedangkan menurut Anon (2001) Sistem Informasi geografi adalah suatu sistem Informasi yang dapat memadukan antara data grafis (spasial) dengan data teks (atribut) objek yang dihubungkan secara geogrfis di bumi (georeference).

Disamping itu, SIG juga dapat menggabungkan data, mengatur data dan melakukan analisis data yang akhirnya akan menghasilkan keluaran yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi. Aplikasi SIG dapat digunakan untuk berbagai kepentingan selama data yang diolah memiliki referensi geografi, maksudnya data tersebut terdiri dari fenomena atau objek yang dapat disajikan dalam bentuk fisik serta memiliki lokasi keruangan (Indrawati, 2002). Salah satu contoh aplikasi SIG adalah " Restaurant Finder ".
Restaurant Finder merupakan aplikasi berbasis android yang mempermudah pengguna untuk menemukan tempat untuk makan disekitarnya. Selain itu, Restaurant Finder juga memberikan  semua informasi yang dibutuhkan pengguna, seperti waktu buka dan jam kerja, nomor telepon, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, Restaurant Finder juga membantu menemukan informasi tentang restoran yang menerima pesan - antar, kafe, tempat pengisian bahan bakar, hotel, supermarket dan ulasan untuk seluruh tempat tersebut. Dalam deskripsi aplikasinya, pengembang Restaurant Finder menyatakan bahwa aplikasi ini dapat digunakan diseluruh dunia, tapi akan bekerja lebih baik jika pengguna berada di Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Kanada, Jerman, Italia, Perancis, Spanyol, Denmark, India, Australia, Brazil, Malaysia dan Thailand.
Berikut adalah cara penggunaan dari aplikasi Restaurant Finder :
1. Download aplikasi " Restaurant Finder " di playstore.
2. Setelah diinstall, buka aplikasi Restaurant Finder dan akan muncul tampilan seperti berikut.
3. Untuk mencari tempat makan, klik menu " Restaurant ".
4. Setelah muncul hasil pencarian, pilih tempat makan untuk melihat informasi dari tempat tersebut.
5. Untuk melihat lokasi tempat makan terdekat melalui peta, klik icon peta yg ada disebelah kanan
    atas.

0 Komentar untuk "APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS"

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top