THIS IS MY SANCTUARY

Tugas 4 Bahasa Indonesia 1 : Perkembangan Software di Indonesia



Perkembangan software di Indonesia saat ini berkembang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya software buatan indonesia yang digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya software untuk keperluan bisnis saja, software untuk pendidikan pun berkembang pesat pula. Software yang dikembangkan dalam bidang pendidikan berfungsi untuk membantu proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya software – software yang berisi tentang modul pembelajaran yang dapat diunduh secara gratis dari internet.
Sofware adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital di dalam komputer. Software dapat berupa program atau perintah yang dapat digunakan untuk menggerakan dan mengontrol hardware. Software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis – jenis software antara lain adalah freeware, commercial software, dan opern source software. Freeware adalah software gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja tanpa ada batasan waktu penggunaan. Commercial software adalah sebuah software yang dijual oleh pembuat software untuk tujuan komersil. Sedangkan open source software adalah software yang kode sumbernya dibuat untuk diubah, dipelajari, ditingkatkan, dan disebarkan karena tujuan dari open source software ini agar dapat dikembangkan oleh komunitas atau kelompok pengembang software.
Pengembang software di Indonesia kini semakin kreatif dalam mengembangkan dan menghasilkan software unggulan. Namun sayang, software – software buatan Indonesia kebanyakan bersifat commercial software, sehingga dalam pengembangannya menjadi lebih sulit karena kode sumbernya tidak disebarkan kepada pengembang lain. Akan tetapi, tidak sedikit pengembang software yang memberikan kode sumbernya secara gratis kepada pihak – pihak yang ingin mengembangkan softwarenya. Oleh karena itu, jika perkembangan software di Indonesia ingin lebih maju lagi keterbukaan antar pengembang software sangat dibutuhkan. Selain itu, para pengembang software juga sebaiknya membuat software yang bersifat freeware agar semua masyarakat dapat menggunakan software yang mereka buat tanpa perlu memikirkan harga yang harus mereka bayar untuk software tersebut.






Daftar Pustaka
Sutabri,Tata.2012.Analisis Sistem Informasi.Jakarta:ANDI.
0 Komentar untuk "Tugas 4 Bahasa Indonesia 1 : Perkembangan Software di Indonesia"

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top