THIS IS MY SANCTUARY

Tugas 7 Bahasa Indonesia 1 : Pasar Kerja Lulusan SI di Indonesia

Lapangan kerja pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi saat ini semakin luas. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya lowongan perkerjaan yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang komputer dan informasi. Tenaga ahli dibutuhkan untuk menangani masalah-masalah yang terjadi pada komputer dalam sebuah perusahaan. Selain itu, tenaga ahli juga dibutuhkan untuk mengelola database perusahaan. Tanpa pengelolaan database yang baik, para karyawan dalam sebuah perusahaan akan mengalami kendala dalam pekerjaannya.
 Dalam mencari pekerjaan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para calon pegawai. Syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah kemampuan presentasi, kemampuan menggunakan komputer serta kemampuan mengolah informasi. Syarat-syarat tersebut biasanya tidak tercantum pada iklan lowongan pekerjaan sehingga para pelamar kerja hanya bisa memprediksinya. Selain syarat-syarat tersebut, indeks prestasi kumulatif atau ipk masih menjadi faktor penentu diterima atau tidaknya calon pekerja tersebut. Menurut Sutabri (2012) "Kualifikasi-kualifikasi yang disyaratkan dunia kerja tersebut penting diperhatikan pengelola Perguruan Tinggi untuk mengatasi tidak nyambung-nya antara Perguruan Tinggi dengan dunia kerja dan pengangguran lulusan".
Selain bekerja sebagai karyawan, lulusan ilmu komputer dapat bekerja sebagai pengusaha. Lulusan sarjana komputer bisa menjadi seorang programmer. Programmer dapat membuat sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tanpa harus bekerja sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Untuk menjadi seorang programmer dibutuhkan keahlian dalam penyusunan algoritma dan juga keahlian menyusun program menggunakan bahasa pemrograman yang ada. Selain menjadi programmer, sarjana komputer juga bisa bekerja sebagai game developer. Seorang game developer dapat membuat sebuah game dan mendapatkan penghasilan dari game tersebut.
Seharusnya para sarjana komputer tidak perlu khawatir masalah pekerjaan. Peluang usaha bagi para sarjana komputer sangat banyak sekali. Kebutuhan tenaga ahli komputer juga semakin meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya sebagai karyawan, tetapi juga bisa sebagai pengusaha yang menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu, lulusan sarjana komputer harus kreatif agar bisa melihat peluang usaha yang ada atau menciptakan peluang bagi orang lain.





Daftar Pustaka
Sutabri,Tata. 2010. Sarjana Komputer di Era Informasi. http://www.urindo.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=112:sarjana-komputer-di-era-informasi&catid=45:teknologi&Itemid=110. Diunduh tanggal 15 Januari 2016.
0 Komentar untuk "Tugas 7 Bahasa Indonesia 1 : Pasar Kerja Lulusan SI di Indonesia"

Peraturan Dalam Berkomentar :
[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak.

Back To Top